(Komunitas) Blogger Perempuan


Saya suka belajar. Ketika saya mulai menginginkan sesuatu hal, maka strong will yang saya punya ini akan turut serta menjadi pendukung nomor satu agar apa yang saya inginkan tercapai. Ya, saya orang yang sangat determined. Salah satunya adalah, pengen jadi blogger. Iya, saya pengen jadi blogger professional, yang hidupnya bermanfaat, bisa meng-influence banyak orang dari tulisan dan hasil karya fotonya. Ih, wow. Saya sangat menikmati proses tersebut. Makanya, meskipun sekarang saya sudah dibuat cukup bahagia dengan menjadi jurnalis, ada kebahagiaan lain yang pengen saya peroleh. Jadi blogger……yeeyeyeye.
                Di balik cita-cita mulia saya buat jadi blogger keren dan professional ini, ada sebuah hal yang sangat-sangat perlu dibenahi. Apa itu? Hmmmmmm……ilmu per-blogging-an saya masih rendah, cimit banget. Pol mentok sebatas bisa bikin blog saja, udah. Itupun standard banget, blog saya tata letaknya masih enggak karuan, sampai sekarang jarang banget nggak diisi, niche-nya belum jelas apa, ya padahal blogger yang sudah mumpuni itu bisa terkenal dan dikenal serta bermanfaat hidupnya karena mereka memutuskan menjadi “pakar” untuk suatu bidang tertentu, entah mereka beauty blogger, fashion blogger, lifestyle blogger dan sebagainya. Sedangkan saya, hmmmmmm…….anaknya masih meraba, pencarian, life crisis quarter banget, remaja ababil, mau nulis soal apa masih berganti-ganti. Tapi kalau saya ngeluh kayak gini, nggak kelar-kelar kan ya?
                Saya jadi inget deng salah satu video yang di-upload sama Bena di YouTube. Link-nya di sini. Di dalam video tersebut, Bang Bena bilang, kita ini semacam orang yang ketika ditanya sibuk apa jawabnya saya pengen, saya berencana bla….bla…bla. Tapi kenyataannya enggak pernah jadi dilakuin. Sebagai mantan anak BEM yang sering bilang, “Bukan Sekedar Kata.” Di situ saya merasa “nganu. Kata Bang Bena, seharusnya kita berani bilang, “Saya sudah.” Iya bilang, saya sudah ngelakuin ini itu endebre endebre, walaupun kecil kalau berani bilang saya sudah itu bakalan ada kelanjutannya. So, kali ini saya bilang saya sudah:
Saya sudah join komunitas blogger. Iya katanya kalau mau go fast tuh go alone, tapi kalau mau go far ya go together. Maka keputusan saya buat join di komunitas ini adalah buat go far. Biar kalau pas semanagt menurun ada yang ngingetin. Eaaaaa....lihat postingan teman yang semangat empat lima itu udah bisa bikin semangat nulis lagi kok.
Saya tertarik dengan dua komunitas blogger. Yang pertama adalah Blogger Perempuan Network. Pendirinya Kak Shinta. Bisa cek link di sini. Yang kedua, komunitas blogger yang lain tapi syaratnya lebih tinggi kualifikasinya daripada blogger perempuan. Sadar udah bisa daftar di komunitas blogger perempuan ini, yaudah dong saya klik form join dan sudah diverifikasi.
Dari komunitas blogger ini, sepertinya ada banyak program sih. Tapi sebagai newbie, yang bahkan namanya belum tercantum di file directory, saya sudah dapat banyak banget benefit. Di antaranya, saya dapat fillable blogging goal workbook, itu isinya summary per-blogging-an kita selama setahun gimana. Data analitiknya kayak apa, target ke depan mau ngapain, hambatannya apa, dari hambatan yang ada itu kita mesti gimana de el el. Selain itu saya dapat free kit media. Biar nanti kalau mau masarin blog sudah punya gambaran, apa aja yang mesti dibuat dan dicantumkan di blog buat mereka yang pengen bekerja sama dengan kita.
Saya sudah bisa pasang logo blog. Katro ah kamu, Pu. Tapi ini prestasi. Saya sampai googling, add widget yang mana, masukkin script HTML-nya kemana dan berhasil. Saya suka!!!!!
Saya sudah bisa menulis lebih sering, setidaknya jika membuat jadwal seminggu sekali buat posting di blog, stock tulisan itu ada. Iya, saya menjalankan petuahnya Mbak Alodita dan tips di Kamantara untuk menulis gegas. Lumayan berhasil.
Saya sudah mencoba untuk blogwalking, kalau kemarin cuma numpang lewat baca, sekarang sembari mampir meninggalkan jejak. Ya, kalau punya blog semakin baik dan isinya bermanfaat kalau enggak pernah di-share kemana, gimana orang tahu? Blogwalking ini kesempatan loh, ketika kita mencantumkan nama dan alamat url blog, yang mampir kan juga orang yang suka baca blog. Mereka pastinya bakalan punya rasa ketertarikan yang lebih besar untuk mampir lihat situs kita. Yak an yak an? Lagipula blogwalking ini slaah satu bentuk silaturrahim kekinian juga sih. Kan kalau dalam agama saya menyambung persaudaraan a.k.a silaturrahim itu banyak pahala. Nah...plus...plus kan....
Saya sudah baca-baca artikel soal blogging, salah satunya Blogging 101 di web-nya Blogger Perempuan Network. Baru satu artikel sih. Soalnya artikelnya banyak. Hahaha….
Saya sudah share di berbagai akun media sosial. Harus lebih massif lagi, kalau perlu status WhatsApp juga hahaha….Iya biar tahu ini loh saya single available punya blog yang receh kali ada manfaatnya :)
Ya untuk sementara itu dulu sih yang sudah-sudah. Harapannya saya tetap konsisten melakukan banyak hal baik untuk membesarkan blog ini dan bisa meningkatkan diri untuk melakukan banyak kesudahan yang lain.

XOXO

Komentar

  1. Go go,keep semangat..blogging yang penting konsisten, Insya Allah cepat melesat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih semnagatnya Mbak Dedew, harus banyak belajar nih sama senior :)

      Hapus
  2. Dinikmati prosesnya, nggak sadar ternyata pencapaian kita udah sejauh apa :D

    asysyifaahs.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, kadang menikmati proses itu jauih lebih amazing daripada diribetin mulu sama pencapaian, ya Cip....hehe

      Hapus
  3. Aduuh,jadi ngingetin blog yg udah kebanyakan sarang laba2 & isinya campur2 :D

    BalasHapus
  4. siipp.. semangat ya mbak. aku juga sama. masih pemula tapi lama. maksudnya udah lama jadi blogger tp ga tahu mesti ngapain. kalo ga ketemu ama komunitas kaya ini ga bakal kemana2 juga. hehe

    BalasHapus

Posting Komentar