Menjadi Produktif




Selain dikasih nyawa dan badan buat menjalani hidup, Tuhan sudah berbaik hati banget ngasih kita waktu. Apalah artinya hidup tanpa waktu. Hidup dan waktu emang sudah sepaket, semacam jodoh kali ya…

Well, kali ini saya mau bahas tentang memanfaatkan waktu yang ada. Katanya sih orang yang bisa memanfaatkan waktu dengan baik adalah ciri dari orang yang memiliki karakter produktif. Produktif yang kayak gimana sih? Produktif menurut saya adalah suatu proses yang bisa membuat seseorang menghasilkan sesuatu atau karya dengan cara memberdayakan potensi yang ia punya. Nah, sesuatu ini ada manfaatnya. Enggak melulu soal uang sih. Pokoknya sesuatu hal yang manfaat. Intinya sih gitu…

Nah, jujur sih saya ini typical pemalas, sehingga terkadang waktu dan potensi yang udah dikasih ini jad sia-sia. So, belakangan ini saya lagi belajar banget buat ngumpulin cara gimana agar tetap produktif sepanjang hari. Nah, ini sih cara saya supaya produktif.

Yang pertama, bikin list. Apa sih yang mau kita kerjain dalam satu hari ini. Bikin table prioritas, mana yang mendesak harus diselesaikan segera, mana yang tidak penting tapi mendesak, mana yang penting tapi tidak mendesak dan mana yang tidak penting dan tidak mendesak. Jujur ribet mau milahin task macam ini tuh. Berasa kayak semua hal itu penting dan mendesak. Buat orang yang mikirnya lama kayak saya ini lumayan ngabisin waktu. Kalau udah kayak gini biasanya saya gambling aja, kalau udah bingung nentuin prioritas. Yang penting jalan udaaah…..daripada nggak ngapa-ngapain kebanyakan mikir.

Yang kedua, tonton YouTube yang memang memotivasi dan buat perjanjian dengan diri sendiri. Tiap selesai satu video, mesti menyelesaikan 1 task. Misal, saya suka banget nonton videonya Ways of Study atau Lavendaire. Tiap habis nonton mereka tampil langsung yang berbunga-bunga mau ngerjain apa aja gitu.

Yang ketiga, bernyanyilah setiap kemalasan melanda. Misal, saya tuh males banget nyetrika atau nyuci. Tapi harus, karena kalau enggak dikerjain nggak bakalan kelar-kelar maka saya akan memaksa diri saya untuk melakukan aktivitas tersebut sambil bernyanyi. Saya happy, kerjaan kelar. Luv. Saya dapat tips ini dari Ayah saya sih. Lumayan loh, modal paketan internet, buka Spotify cari lagu asyik. Terus bisa menghasilkan banyak karya.

Yang keempat, make a time. Benerin luangkan waktu untuk melakukan hal-hal tersebut. Jangan disambi-sambi. Nggak cepet kelar. Karena enggak fokus. Oh ya, yang ngerjain kerjaan sambil nyanyi tadi enggak saya sarankan buat orang yang multitasking-nya kurang baik. Takutnya bukannya kerja malah nyanyi. Kalau saya pribadi si, sebenarnya enggak terlalu jago multitasking, tapi kalau cuma kerja sambil nyanyi sih oke. Yang penting enggak diajak ngobrol.

Yang kelima, kasih hadiah ke diri sendiri untuk setiap pencapaian kecil produktivitas kita. Hadiahnya nggak usah susah-susah. Beli kopi atau apalah sudah lebih dari cukup. Tapi kalau kantong emang muat buat belanja hadiah bagus buat diri sendiri, yaaaa….it’s okey kok. Pokoknya selama enggak membebani urusan finansialmu. Lakukan !!!

So, be happy and more productive guys
XOXO

Komentar

Postingan populer dari blog ini

(Komunitas) Blogger Perempuan

Cantik atau Pintar?

2017: Sometimes I win, Sometimes I learn