Ngapain Nge-blog?

Dulu, waktu saya masih kuliah, seorang teman memberikan sebuah petuah melalui tulisan dan YouTube yang dia lihat. Video milik Simon Sinek itu berjudul Everything start with why.
Video tersebut ia kemas dalam sebuah tulisan cukup panjang dengan judul Formulasi Sebuah Tujuan. Intinya ketika kita ingin menuju suatu tempat, kita mesti tahu alasan apa yang mendasari sehingga kita ingin melakukan hal tersebut. Ingin menjalani hal tersebut. Ya, contoh gampangnya begini, kita ingin pergi ke Jakarta. Ya harusnya kita punya alasan mengapa ingin ke Jakarta? Melihat Monas? Mencari pekerjaan? Bertemu dengan sanak saudara? Nonton konser Blackpink? Atau alasan-alasan yang lain yang membuat kita tertarik untuk pergi ke Jakarta. Cari jodoh misalnya.
Menjalani usia saya yang sekarang, 28 tahun. Saya mulai sadar betapa Tuhan telah memberikan begitu banyak hal positif dalam hidup untuk saya. Ya, ada beberapa hal negatif sih yang datang dalam hidup. Akan tetapi ketika kita terus berpikir positif, hal-hal negatif ini berhasil dilawan. Ya kan sebenarnya Gusti Allah yang Maha Agung ini juga sudah menjelaskan kepada kita untuk senantiasa berpikir positif. Pikiran positif yang dibagi ini akan menular ke yang lain. Coba bayangkan jika dunia ini dipenuhi dengan pikiran positif. Indah banget kan ya dunia, jadi penuh cinta damai. Nah, di sinilah alasan saya pengen nge-blog dengan serius. Pengen berbagi perspektif positif terhadap dunia dengan cara menulis. Pengen memperbaiki diri sendiri dan menebar kemanfaatan dengan berbagi perspektif yang positif lewat tulisan. Kalau pengen membagi hal positif dalam hidup, berarti saya harus rajin memproduksi hal positif dong. Nah, ntar ingetin ya….ingetin untuk bersyukur dan bersabar dalam perjalanan nge-blog ini. Semoga konsisten, makin manfaat dan makin berkah.

Pertanyaan selanjutnya? Mengapa harus blog? Kamu kan bisa berbagi perspektif dengan media yang lainnya. Jadi begini jawabannya. Sejak kecil saya suka membaca, menulis dan jalan-jalan. Seneng aja gitu kalau ngelakuin hal tersebut. Begitu menginjak bangku kuliah, saya bergabung di Divisi Opini Media BEM KM FMIPA UGM. Di situ saya belajar menulis dong, menulis berita dan artikel sih. Haha…. Proses menulis berita ini ternyata makin asyik. Mulai dari mencari narasumber, mengumpulkan data melalui wawancara dengan narasumber dan bercerita melalui tulisan menjadi suatu hal yang menyenangkan. Saya mulai mencintai menulis.

 Makin ke sini ternyata skill menulis saya masih harus dikembangkan. Apalagi menghadapi era Industri 4.0 yang wow ini. Era di mana teknologi informasi berkembang dengan cepat. Oh My God…..saya harus belajar menyesuaikan diri dong. Saya harus belajar untuk meningkatkan kemampuan. Lagi pula dalam perspektif saya sebagai seorang muslim, Tuhan Yang Maha Esa ini sudah menjelaskan bahwa jika ada seseorang hambaNya yang tekun mencari ilmu, maka  Ia akan meninggikan si orang berilmu tersebut beberapa derajat. Ya, pada intinya jika kita ingin menjadi manusia yang bermanfaat ya harus cari tahu dulu ilmunya bagaimana. Ingin tulisan semakin bermanfaat, ya pelajari blog adalah salah satunya. :)

Pada intinya, ngapainge-blog? Karena saya ingin bertumbuh menjadi manusia yang lebih baik dengan membagi perspektif positif melalui tulisan juga foto, itu saja. Soal nanti kalau ternyata dengan blog saya bisa menghasilkan uang, ya semoga uang yang saya dapatkan dari nge-blog ini juga membawa keberkahan. Syukur lagi kalau dengan ngeblog saya bisa membuka lapangan pekerjaan. Aamiin ya Allah….mohon kabulkan doa baik ini dan kuatkan hamba dalam menjalani segala prosesnya. Salam ngeblog bermanfaat. :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

(Komunitas) Blogger Perempuan

Cantik atau Pintar?

2017: Sometimes I win, Sometimes I learn